macam - macam

ISUZU PANTHER NEW ROYALE VARIAN TERKENCANG ISUZU PANTHER

23 Apr 2017 - 13:13 WIB

Halo…. kali ini saya akan membahas mobil yang termasuk kedalam MOTUBA(MObil TUa BAngka/BAgus. Mobil ini adalah Isuzu Panther ganerasi kedua. Yaitu Isuzu Panther New Royale, Mobil ini dikenal sebagai varian terkencang isuzu panther. Isuzu panther adalah mobil yang diproduksi oleh PT. Isuzu Astra Motor Indonesia. Isuzu Panter masih diminati hingga saat ini karena mesinya terkenal bandel, kencang, perawatan yang mudah, dan irit bahan bakar. di desa saya masih banyak yang menggemari mobil ini karena kontur jalan di desa saya adalah pegunungan dan membutuhkan mobil yang kuat nanjak untuk digunakan sehari - hari sehingga isuzu panther masih banyak digemari. isuzu panther generasi kedua ini terbagi menjadi beberapa varian yaitu :

- Isuzu Panther New Hi-Grade yang keluar tahun 1997 sampai 2001
- Isuzu Panther Hi-Grade keluar di tahun awal-awal yakni 1996 sampai 1997
- Isuzu Panther Hi-Sporty yang keluar tahun 1996 sampai tahun 2000
- Isuzu Panther New Royal keluar tahun 1997 sampai 2001
- Isuzu Panther Grand Royal mulai 1996 sampai 1997
- Isuzu Panther Royal keluar tahun 1996 sampai 1998
- Isuzu Panther Deluxe tahun 1996 sampai 1998
- Isuzu Panther Standar

namun yang akan saya bahas kali ini adalah Isuzu Panther varian New Royal. isuzu panther ini diproduksi bersamaan dengan varian new hi grade, namun panther ini merupakan down grade dari varian new higrade. kita mulai saja yuk…

eksterior : 

Tampangnya terlihat lebih besar dari kijang kapsul, desainya lebih bagus dari kijang kotak, tapi lebih jelek dari kijang kapsul. dapat terlihat bahwa belum terdapat foglamp/lampu kabut, spion manual, dan belum terdapat asesoris krom - kroman di sekitar grill depan. dibagian samping terlihat handle pintu yang belum sewarna bodi, desain velg yang lebih sederhana dari varian hi grade dan tangki bensin terletak disebelah kanan. 

Hasil gambar untuk panther new royal

terlihat bagian belakangnya sangat polos, tidak dilengkapi wiper seperti pada varian hi grade.

Interor :

Hasil gambar untuk interior panther grand royal

dapat terlihat sudah terdapat konsol box, 2 cup holder, dan satu tempat penyimpanan kecil. tidak seperti panther deluxe yang tidak ada. rem tangan ada di dekat setir sehingga memudahkan, namun terlihat kurang berestetika. head unit ditempatkan dibawah pengaturan ac sehingga tidak user friendly. head unitnya masih single din tapi tidak memungkinkan untuk diganti dengan double din. pengaturan acnya masih seperti kijang kapsul yang berbentuk geser bukan knop komporgas. kabinya luas, leg room dan head room lega, namun kursi belakang masih model face to face, keuntunganya mobil ini dapat menampung hingga 9 orang. sudah terdapat 4 power window dan ac double blower. 

mesin :

Hasil gambar untuk mesin isuzu panther

* Memakai mesin berkapasitas silinder 2500 cc (berbeda dengan generasi sebelumnya yang hanya 2238cc)
* Jumlah silinder : 4 buah
* Teknologi pasokan BBM : OHV Direct Injection (berbeda dengan panther 1991-1996), dimana dengan teknologi Direct Injection ini mobil akan tetap mudah dihidupkan meskipun dalam cuaca dingijn/ ekstrim dimana kita tahu permasalahan mesin diesel konvensional adalah sulit di starter saat suhu dingin misalnya sehabis kehujanan lebat
* Tenaga maksimum : 86 dk pada putaran mesin 3900 Rpm, sangat jauh berbeda dengan isuzu panther generasi pertama

* Kode mesin : 4ja1

mesin isuzu panther new royale ini memang sama dengan varian panther yang lain, namun mein panther new royal terkenal sangat kencang karena dapat mencapai topspeed tertinggi diantara saudaranya. mesin ini pun cukup irit, namun getaran yang ditimbulkan cukup besar.

kelebihan dan kekurangan :

Kelebihan Isuzu panther adalah kemampuan mesin yang handal, torsi yang besar, daya tahan mesin yang tangguh, daya muat penumpang yang besar (bisa 9 orang lho), suku cadang masih sangat banyak, irit bahan bakar, harga jual kembali yang stabil.
Sedangkan kelemahan Isuzu panther adalah:
- Suara mobil yang berisik
- Getaran mobil relatif besa (maklum mesin diesel)
- Polusi yang cukup banyak terutama untuk produk lama (perlu diservice)
- Suspensi belakang sering terlalu empuk sehingga kadang-kadang limbung

sekian dari saya trims

 


TAGS   otomotif / Teknologi /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive